INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE

Apa itu integrasi?

Tujuan utama : Memberkan informasi yang benar pada saat yang tepat. Aliran informasi di antara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya.

Definisi integrasi

Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu system secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih system yang lain.

Integrasi terbagi menjadi 2 :

Integrasi Data : Proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik/lebih sempurna.

Integrasi Sistem (Integrated System) : Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa system komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.

Manfaat Integrasi :

1. Satu sumber utama : Memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan selalu diperbaharui tanpa peduli divisi atau subsistem mana yang melakukan pembaruan.

2. Database tertata rapi : Menghemat waktu dan menekan biaya operasional.

3. User interface yang lebih konsisten : Untuk menyikat proses adaptasi karyawan sebagai user dengan sistem yang digunakan tanpa mengalami kebingungan dengan sistem yang berbeda di setiap divisi atau bagian.

4 Cara Mengintegrasikan Aplikasi :

1. Pemanggilan prosedur, function : Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.

2. Messaging : Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.

3. Sharing database : Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh datanya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.

4. File transfer : Mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.

INTEGRASI PADA APLIKASI MS. OFFICE

Contoh integrasi pada ms. office :

1. Membuat table of content pada ms. word

2. Linking and embed pada aplikasi ms. office

3. Membuat surat massal pada ms. word dengan menggunakan database yang ada pada ms. excel atau ms. access

4. Membuat grafik pada aplikasi ms. office

                                                                    TERIMA KASIH













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW MAN 4 Jakarta

INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE : MAIL MERGE